Wind Powered Art! Seni Angin yang Unik

Posted by Joss! on 27 September 2011


Seni yang indah dapat mengilhami seseorang untuk melihat kehidupan dengan cara yang sama sekali baru. Theo Jansen seorang berkebangsaan Belanda mampu membuktikannya dengan apa yang ia sebut "Patung Kinetik," di mana alam dan teknologi bertemu. Pada dasarnya yang ia buat adalah robot patung yang didukung oleh angin.


Hebatnya, mesin ini dibuat sepenuhnya dari bahan daur ulang. Perut patung ini dibuat dengan botol plastik bekas yang menangkap udara yang dipompa oleh angin. Untuk memanfaatkan angin, Jansen menggunakan pompa sepeda, tabung plastik dan cincin karet.


Beberapa seniman memanfaatkan tenaga angin untuk menunjukkan kmbinasi antara alam dan seni. Joshua Allen Harris dikenal seagai seniman unik dari katong sampah. Ia menjadikan beberapa  kantong sampah menjadi bergerak dengan mengisi udara di dalamnya supaya mengembang. Seni kinetik ini bervariasi dan indah. Angin yang menyebabkan bahan-bahan bekas ini bergerak memutar dan berbalik.


Dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang menekankan potensi komputer dan mesin, Theo Jansen telah membuktikan bahwa kesederhanaan mekanik bisa menginspirasi kita dengan lebih hebat.

sumber